A lat Pemadam Api Ringan ( apar ) atau


download 6.52 Kb.
jenengA lat Pemadam Api Ringan ( apar ) atau
KoleksiDokumen
k.kabeh-ngerti.com > Kimia > Dokumen












HSE DEPT




A
lat Pemadam Api Ringan ( APAR ) atau Fire Extinguisher Mungkin bukanlah barang baru bagi para karyawan karena hampir setiap hari kita melihatnya kitapun tahu bahwa apar berfungsi / berguna untuk memadamkan Api ketika terjadi kebakaran dalam tahap awal, Sekali lagi perlu diingat bahwa APAR hanya berfungsi memadamkan api yang masih kecil atau kebakaran dalam tahap awal, Jadi secepat mungkin ketika terjadi kebakaran kita harus dapat memadamkannya sebelum Api mulai membesar, sehingga diperlukan kecepatan dan ketepatan dalam bertindak.
Untuk dapat bertindak dengan cepat dan tepat dalam mengatasi kebakaran tahap awal tentunya tidak lepas dari penggunaan Alat Pemadam Api Ringan, langkah – langkah penggunaan APAR berikut mungkin akan menambah pengetahuan anda dan membantu anda mengatasi kebakaran tahap awal :


  1. Jika kebakaran Terjadi sebelum anda menggunakan APAR maka perlu anda lihat Jenis Apinya untuk menentukan Alat Pemadam yang tepat. ( Walaupun dalam penempatan APAR sudah disesuaikan dengan jenis kebakaran yang mungkin timbul ) misalnya : APAR air bertekanan Cocok untuk api kelas A, APAR tepung Kimia / Dry Chemical cocok untuk api kelas A, B, C., APAR CO2 cocok untuk api kelas B, C. dan APAR Busa Kimia cocok untuk Api dari Bahan Cair yang terbakar misalnya minyak solar dan sejenisnya.

  2. Jangan panik dan jangan tergesa – gesa, ambilah APAR ditempat yang telah disediakan dengan tetap berhati – hati, jaga keselamatan anda dari bahaya terjatuh, terpeleset ataupun tersandung / terantuk.( Jangan sampai menambah korban ).

  3. Lepaskan Segel dan Penguncinya ( Lock Pin )

  • Untuk APAR jenis air bertekanan, Dry Chemical, CO2 Coba di dekat pemasangannya ( dengan menyemprotkan sedikit )

  • Untuk APAR jenis Busa Kimia Dekati Api kemudian lepaskan segel dan penguncinya tekan pengumpil, balikkan pegang selang dan arahkan lurus kedepan.

  1. Dekati Api dengan tetap berhati – hati perhatikan arah angin lakukan penyemprotan sesuai dengan arah angin. Jangan sampai anda melakukan penyemprotan berlawanan dengan arah angin hal ini dapat membahayakan keselamatan anda.

  • Untuk APAR Tepung Kimia / Dry Chemical lakukan penyemprotan dengan mengibaskan kekiri dan kekanan selebar dasar api beberapa kali, maju kedepan dengan tetap menyemprot dengan mengibas.

  • Untuk yang lainnya semprotkan dengan rata keseluruh bagian yang terbakar.



t m a

Share ing jaringan sosial


Similar:

Gdy Zaratustra trzydziestu lat dożył, opuścił kraj swój I jezioro...

A. Menyimak Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan...

Gunung api merupakan sebuah media dan sebagai perantara tempat keluarnya...

Abstrak kendalisada adalah sebuah daerah dengan kadar endapan material...

Kenapa Api Padam Jika Diguyur Air

Ada Gunung Api Super seperti Toba di Mars

Identifikasi bakteri escherichia coli dengan metode kit api 20E

Telah terbukti dapat menyembuhkan beragam penyakit ringan dan berat,...

Api adalah sebentuk energi yang terpancar dari reaksi eksoterm antara...

Keamanan komputer atau dalam Bahasa Inggris computer security atau...

Kimia


Nalika Nyalin materi nyedhiyani link © 2000-2017
kontak
k.kabeh-ngerti.com
.. Home